cover2017

     2017 telah usai. Sudah merupakan hajatan tersendiri menyusun deretan film Indonesia paling keren setiap tahunnya. Tahun ini film Indonesia masih seperti tahun lalu dalam hal jumlah penonton. Masih konsisten dengan Top 10 nya tembus satu juta penonton semua. Meski secara genre tidak seberagam tahun lalu, namun masih bermunculan film-film dengan tema yang anti mainstream. Lalu film apa saja yang masuk deretan Top 17 Film Indonesia Paling Keren 2017 versi Raja BlackWhite?

     Sebelum beranjak pada deretan, biasanya saya memberikan special mention untuk film impor yang memberikan pengalaman menonton menakjubkan. Jika tahun lalu DANGAL, MUNAFIK, TRAIN TO BUSAN dan HACKSAW RIDGE berhasil meraih special mention, tahun ini tidak ada film impor yang bikin saya betul-betul terperangah.

     Oleh karenanya saya ingin memberikan special mention pada 3 film Indonesia yang jika dipertimbangkan sulit untuk masuk ke Top 17 namun masih memiliki sisi yang layak diapresiasi. Film apa sajakah itu?

Special Mention

Mars Met Venus (Part Cewek & Cowok)
Pembagian film ini menjadi dua part yakni part Cewek dan part Cowok merupakan keunikan tersendiri untuk film ini. Part Cewek yang tayang lebih awal sebagai pembuka jalan cerita hingga akhirnya ditutup apik oleh part Cowoknya. Perlu diakui, Part Cowok tampil lebih pecah dibanding part Ceweknya

Promise
Tidak terlalu menye-menye dalam dialog serta masih memperhatikan logika cerita, Promise adalah bentuk kedewasaan Asep Kusdinar dalam bertutur. Diriingi dengan lagu soundtrack karya Melly Goeslaw, bisa dibilang Promise adalah film remaja terbaik Screenplay Films sejauh ini

Satria Heroes: Revenge of Darkness
Baik di layar kaca atau layar lebar, kita kekurangan film (ramah) anak apalagi yang bertema Superhero. Meski tak seratus persen lokal, Satria Heroes yang diadaptasi dari serial televisi Bima Satria Garuda hadir bak oase yang menjadi alternatif tontonan anak-anak di bioskop

Special Mention

Tahun ini pula, saya kesulitan dalam menyusun Top 17 Film Indonesia. Dari seluruh film, 33 film berhasil lolos kurasi dengan penilaian yang saya tetapkan. Selanjutnya saya harus mengeliminasi 16 film untuk menyisakan 17 film saja. Tanpa banyak basa-basi lagi, dengan bangga saya persembahkan 17 Film Indonesia Paling Keren 2017.

17. HUJAN BULAN JUNI – Drama, Romansa, Puisi

“Lupakan tokoh Tumbelaka, fokuslah pada Sarwono dan Pingkan. Hujan Bulan Juni adalah romansa yang manis penuh dengan kata-kata yang puitis. Pecinta karya sastra puisi patut bangga, karya Sapardi Djoko Damono ini bisa hidup di layar lebar”

17 Hujan Bulan Juni

 

16. THE UNDERDOGS – Drama, Persahabatan, Millenial. Musikal

“Memotret sebagian kehidupan para Youtuber dari yang cupu menjadi terkenal. Starvision pernah terlalu dini memotretnya dalam film Youtuber. Seakan menebus kesalahan, The Underdogs hadir dengan lebih intim membingkai kisah persahabatannya. Dibalut dengan suasana musikal, Sheryl Sheinafia, Brandon Salim, Jeff Smith & Babe Cabita adalah kolaborasi peran yang solid”

16 The Underdogs

15. 5 COWOK JAGOAN – Laga, Fiksi Ilmiah, Zombie, Komedi

“Anggy Umbara kembali unjuk gigi dengan ide liarnya. Penuh efek visual, 5 Cowok Jagoan cukup matang memadupadankan laga, komedi dan fiksi ilmiah dalam satu suguhan. Kehadiran zombie menambah rasa baru dalam film ini. Tak sabar rasanya menanti film 5 Cewek Jagoan-nya”

15 5 Cowok Jagoan

14. DEAR NATHAN – Drama, Remaja

“Romantis dan manis, Dear Nathan hadir tanpa gombalan kata-kata yang tidak enak didengar. Mengalun syahdu seiring dengan perkembangan masing-masing karakternya. Kisah keluarga Nathan menjadi elemen penting dalam film ini. Menanti Hello Salma segera!”

14 Dear Nathan

13/12/11. MATA BATIN, PENGABDI SETAN, THE DOLL 2 – Horor, Thriller

“Tahun 2017 adalah tahunnya horor Indonesia secara kualitas juga jumlah penonton. Di tengah maraknya genre ini, Pengabdi Setan hadir dengan sinematografi yang paling top notch. Sementara Mata Batin unggul di penyutradaraan Rocky Soraya dan multiple plot twist yang cukup mengagumkan. Namun untuk urusan berdarah-darah, The Doll 2 jelas jagoannya.

Dari puluhan film horor/thriller yang tayang tahun 2017, bisa dibilang Mata Batin, Pengabdi Setan dan The Doll 2 adalah Top 3 Film Horor mixed Thriller 2017. Oleh karenanya, sengaja saya simpan 3 film ini dalam urutan yang sama.”

13 Mata Batin

10. MY GENERATION – Drama, Remaja, Millenial

“Film yang paling mewakili Generasi Zaman Now. Upi berani dan jujur menyuarakan sisi lain dari remaja zaman sekarang. Kesungguhan Upi tidak hanya terlihat dari riset yang mendalam juga keberaniannya memakai pemain baru. Hasilnya, My Generation adalah sebuah kejujuran karya. Sayangnya, sempat menuai kontroversi sehingga jumlah penontonnya pun tidak memuaskan”

10 My Generation

9. POSESIF – Drama, Remaja

“Film remaja tak selamanya manis. Posesif menunjukkan hal lain. Pembangunan karakter dalam film ini cukup padu dan utuh. Maju mundur hubungan Yudhis dan Lala hadir apik seapik lagu Dan-nya Sheila on 7”

9 Posesif

8. CHRISYE – Drama, Biopik, Religi

“Jika boleh dibilang film religi, maka Chrisye adalah film religi terbaik tahun ini, bahkan lebih religi dari film-film yang mengaku religi. Sebuah lompatan jauh dari Rizal Mantovani, sekaligus menunjukkan kehebatan bermain peran seorang Vino G. Bastian”

8 Chrisye

7. SWEET 20 – Komedi, Musik

“Tak peduli ini adaptasi/remake dari film luar, Sweet 20 berhasil menjadi suguhan yang menyenangkan dan meresap ke kearifan lokalnya. Pemilihan lagu-lagu lawas yang pas menambah suasana Sweet 20 makin bervariasi. Tatjana Saphira aktor menjanjikan”

7 Sweet 20

6. NIGHT BUS – Thriller

“Perjalanan menggunakan bis malam menuju/melewati daerah konflik termasuk ide unik yang jarang di film Indonesia. Meski fiktif, kearifan lokal dalam Night Bus cukup terasa. Dikemas dengan thriller dengan banyak karakter yang terlibat, tak membuat Night Bus mengkultuskan sebagian karakter dan melupakan yang lain. Semua memiliki peran masing-masing yang bersama-sama menjalin cerita”

6 Night Bus

5. GALIH & RATNA – Drama, Musik

“Karakter Galih & Ratna yang diambil dari film laris Gita Cinta dari SMA, dikembangkan dengan mendalam. Lika-liku perjalanan cinta mereka berada pada garis cita-cita dan realita. Mixtape menjadi benang merah film ini yang menjadikan film ini sebuah penghormatan untuk musik dan cinta. “

5 Galih & Ratna

4. MOAMMAR EMKA’s JAKARTA UNDERCOVER – Drama, Urban

“Potret belakang layar kehidupan manusia Urban Jakarta diangkat dengan lugas dan jujur oleh Fajar Nugros dari sisi jurnalis. Film ini berhasil membawa saya pada hakikat hubungan antar manusia sebenarya. Seluruh pemain tampil apik, menjadi wajar jika salah satu pemainnya, Ganindra Bimo diganjar penghargaan”

4 Emkas JU

3. MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK – Drama, Kearifan Lokal, Thriller

“Istilah Empat Babak-lah yang paling membuat saya penasaran nonton film ini. Marlina hadir sebagai perlawanan kaum wanita yang tertindas harga dirinya dan sindiran terhadap birokrasi. Berbalut latar Sumba dan kearifan lokalnya, Marlina bukan perempuan biasa”

3 Marlina

2.KARTINI – Drama, Biopik

“Hanung Bramantyo masihlah menjadi sutradara jaminan mutu terlebih untuk film biopik. Gagasannya selalu baru mewarnai tokoh yang ia garap bersanding dengan hasil risetnya. Perjalanan-perjalanan populer seorang Kartini, memberi warna baru dalam keterlibatan wanita dalam perjuangan bangsa. Ia memang tak secara langsung berperang angkat senjata, tapi Kartini mengangkat kemampuan literasinya”

2 Kartini

  1. ISTIRAHATLAH KATA – KATA – Drama, Biopik, Puisi

“Sunyi dan Senyap. Sebelumnya saya tak tahu siapa Wiji Thukul. Berkat Yosep Anggi Noen, saya dibawa berkenalan dengan sosoknya lewat Istirahatlah Kata-kata. Film ini mengangkat perjuangan aktivis Wiji Thukul dengan caranya sendiri. Akhir film ini adalah salah satu ending terindah sepanjang perfilman Indonesia “

1 IKK

Kalau kamu nonton Film apa saja selama 2017? Share di komentar ya…

Baca juga: Catatan Film Indonesia 2016