Tag

, ,


photogrid_1484560238621

      Pada tahun 2015 mengusung “My Greatest Folly” untuk menandai perjalanan hidup saya. Di usia yang seperempat abad itu justru saya banyak melakukan kebodohan-kebodohan yang pada akhirnya merugikan diri sendiri. Namun demikian, kesalahan yang ada tidak untuk saya sesali melainkan dijadikan pelajaran agar tidak terulang kembali di tahun berikutnya. Pelajaran terbesar yang saya dapat adalah “Jangan pernah terlalu percaya pada orang yang baru dikenal, karena yang terlihat baik tidak selamanya baik“. Itu saja! Bagaimana dengan 2016?

      2016 pun datang dengan lembaran baru. New Friend New Spirit. Bermula dari pelatihan Fun Blogging (September 2015) yang diprakarsai oleh Haya Aliya Zaki, Shintaries dan Ani Berta, saya mulai mengenal komunitas blogger. Sebelumnya ngeblog bagi saya hanyalah hobby untuk menuangkan pendapat dan gagasan saya saja.

fb-forblog

Peserta Fun Blogging 6. (Dilaksanakan di Bandung)

     Salah satu peserta Fun Blogging, Beta Widias, rupanya tertarik menjadikan saya sebagai mitra untuk networking challenge yang diadakan oleh Fun Blogging. Dari sini lah saya mulai kenal beberapa blogger (Bandung khususnya). Gara-gara Fun Blogging pula lah, saya akhirnya mengaktifkan Facebook kembali yang sebelumnya sudah dideactive. Mulailah saya add friend siapapun yang mutual friendnya ketiga sesepuh Fun Blogging. Kaget bukan main, 90% mungkin isinya emak-emak semua. Hehehh, tapi emak-emak produktif lho ya…


      Kesempatan pertama datang saat acara tinjau lokasi PON Jabar 2016. Saat itu, saya baca statusnya Bang Aswi yang masih membutuhkan beberapa blogger untuk acara tersebut. Dengan sok kenal sok dekat, saya komentar saja dan akhirnya terlaksana pula acara tersebut dan kenal juga dengan beberapa blogger lainnya. Itulah yang menjadi permulaan saya silaturahim dengan Blogger Bandung baik pengurus maupun anggotanya.

     Cukup, uraian di atas menjelaskan mengapa 2016 saya anggap “teman baru semangat baru“. Lalu apa saja pencapaian atau aktivitas yang saya lakukan selama 2016? Tidak semua memang akan saya ceritakan di tulisan kali ini, hanya beberapa yang saya rasa cukup untuk mewakili perjalanan 2016.

Lomba Blog, Giveaway, Kuis dan Sejenisnya.

     Saya memang termasuk yang jarang mengikuti lomba blog. Namun begitu, ada beberapa lomba yang saya ikuti di antaranya:

  1. Lomba Blog I am Hope oleh Uplek.com (Juara II, Hadiah Uang Tunai 4juta rupiah)
  2. Lomba Blog Review Film Ketika Mas Gagah Pergi oleh Forum Lingkar Pena (10 besar, Hadiah Paket Buku)
  3. Lomba Blog Prenagen Pregnancy Educational Journey (Juara II, Hadiah XiaoMI Action Cam)
  4. Lomba Blog bank BJB (5 besar, Hadiah 1 juta rupiah)
  5. Lomba Acer Liquid Z320 (belum beruntung)

     Khusus lomba Prenagen sebetulnya itu adalah blogpost setelah acara berlangsung (yang dilombakan). Oia, selain lomba blog, biasanya sesama blogger ada yang namanya giveaway. Buat saya giveaway bagus untuk menjalin silaturahim. Meski begitu, tidak semua giveaway juga saya ikut serta. Baik lomba atau giveaway saya ikut jika memang saat itu sedang luang waktunya sehingga bisa fokus menulis. Dua di antaranya adalah:

  1. Giveaway Nia Haryanto dengan tema #UnforgottableBandung. Saya pun menuliskan pengalaman saya tentang Bandung dalam Aku dan Forum Film Bandung. Alhamdulillah diapresiasi menjadi salah satu dari 15 pemenang yang beruntung.
  2. Giveaway Melfeyadin dengan tema #SejarahKita. Teringat bagaimana cerita orang tua saya dalam memberi nama anak-anaknya sehingga terciptalah tulisan Di Balik Nama Lubis. Tulisan ini pun diapresiasi menjadi salah satu dari 3 yang menjadi pilihan juri.

     Big Thanks for all. Selain lomba blog atau giveaway, yang paling sering saya lakukan adalah Quiz Hunter. Yach, jika sosial media digunakan lebih bijak sebetulnya bisa mendatangkan hal-hal yang positif. Untuk kuis ini hadiahnya biasanya bukan hal-hal yang besar, tapi hal-hal kecil namun bisa berarti besar seperti tiket nonton, aksesoris, fashion, merchandise, pulsa atau bahkan uang tunai.

     Kuis ini biasanya banyak dilakukan di sosial media Twitter dan Instagram. Alasan saya mengikuti kuis selain menguji keberuntungan juga ketika hadiah yang ditawarkan adalah sesuatu yang sedang saya butuhkan. Beberapa yang saya dapat seperti sepatu handmade, kaos muslim, tas selempang dan pernah juga mendapat uang tunai. Jadi maaf ya, kalau sosmed saya berisik oleh kuis-kuisan apalagi kalau lomba selfie. Hehhehe

Aktivitas Perfilman

     1. Sharing tentang kegiatan komunitas FilmIndoBDG dalam acara Smartfren Community Gathering. -Lebih dekat dengan Film Indonesia Bandung

screenshot_20170116-153425_1

2. Juri Lomba Review Film Indonesia yang diselenggarakan Plimbi.com dan FFBComm

3. Moderator acara Diskusi dan Nonton Bareng film Ngenest yang dihadiri oleh Reza Servia (Exevutive Produser) dan Lala Karmela (Pemeran Utama Wanita)

_lala

4. Analis Klinik Film Ruang Film Bandung. Sebuah acara untuk screening film-film pendek dengan tema tertentu. Tahun ini dipercaya sebanyak 2X menjadi analis yaitu saat tema “Thriller” dan “Penerus Bangsa”

5. Turut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan perfilman seperti Moviestival 2016 dan Diskusi dan Nonton Bareng film Waalaikumussalam Paris bersama Benni Setiawan (Sutradara ) dan Joe P. Project (Pemeran Pendukung Pria)

MC/Host Event

     Menjadi MC memang aktivitas yang menyenangkan bagi saya. Dari sini saya banyak belajar bagaimana mencairkan suasana, mengenal karakter audiens, membuat sebanyak mungkin audiens senang dan belajar menemukan formula-formula baru dalam public speaking. Beberapa di antaranya adalah:

  1. UrFlavor Market di TSM Bandung. Ini adalah acara pertama saya MC dengan audiens blogger yang didominasi kaum hawa. Niat mau tepe-tepe (baca: tebar pesona), tapi nggak jadi ah. heheh

_ur

2. Ngobrol Kece Body Aesthetic. Kembali kedua kalinya pengurus Blogger Bandung mempercayakan acaranya kepada saya. From Food to Beauty.

3. RoadBlog Bandung. Disebut-sebut hajatan akbar para blogger, tentu senang sekali bisa menjadi bagian dalam acara ini.

___

4. Diskusi dan Nonton Bareng Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Dimeriahkan oleh Garin Nugroho (sutradara)

5. Penutupan dan Penghargaan Kelas Film Pendek kerjasama Ruang Film Bandung dan Telkom University.

screenshot_20170116-154140_1

6. Pengumuman Nominasi Festival Film Bandung 2016

7. Off Air Segment Malam Puncak Festival Film Bandung 2016

8. Grand Launching Nest Spa Pasir Kaliki. Nah, yang ingin berelaksasi silakan datang aja ya ke Spa yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki No. 107 Bandung

 

Bersama Tokoh/Public Figure

     Karena mengusung tema Teman Baru Semangat Baru maka saya pun sedikit akan bercerita mengenai sosok tokoh yang menginspirasi sekaligus juga memberikan semangat baru. They are:

  1. Asma Nadia (Penulis Islami). Bertemu saat special screning JIlbab Traveler LSIK di XXI Empire. Satu hal yang menginspirasi adalah bagaimana Asma Nadia begitu merasa memiliki filmnya dan tak lelah dalam melakukan promosi.
  2. Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika). Berharap penuh pada sosok hebat ini, agar masyarakat Indonesia melek digital sekaligus juga cerdas dan bijak dalam berkomunikasi khususnya di dunia maya.
  3. Rano Karno (Aktor). Rasanya harus ada lagi sinetron seperti si Doel Anak Sekolahan.
  4. Ridwan Kamil (Walikota Bandung). Pak, cariin mantan pak, eh jodoh.
  5. Acha Septriasa (My Fav Artist so far). Menginspirasi saya untuk segera menjemput pasangan hidup, eeeaaaa…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

     Mengakhiri tulisan ini, izinkan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Fun Blogging, Blogger Bandung (tanpa kecuali), Forum Film Bandung, Forum Film Bandung Community (FFBComm), Sahabat FFBComm dan semua yang berinteraksi dengan saya baik di sosial media atau pun di dunia nyata. All of you are my new friends and also new spirit for me. Siap menyongsong  2017 dengan lebih baik lagi. Insya Allah, Aamiin!

Iklan