Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,


cover-16-film-indonesia-paling-keren-2016

      2016 telah usai. Setelah dilakukan rekapitulasi total hanya 84 film Indonesia yang berhasil saya tonton. Sudah merupakan hajatan tersendiri menyusun deretan film Indonesia paling keren setiap tahunnya. Tahun ini film Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan terutama secara jumlah penonton yang bisa kita amati secara kasat mata. Bicara kualitas, film Indonesia pun mulai berani menawarkan hal-hal baru dan terus bereksplorasi. Lalu film apa saja yang masuk deretan Top 16 Film Indonesia Paling Keren 2016 versi Raja BlackWhite?

      Sebelum beranjak pada deretan, saya akan memberikan special mention untuk film impor yang memberikan pengalaman menonton menakjubkan. Tidak sebanyak film Indonesia, tahun ini hanya berhasil menonton sebanyak 29 film saja. Dari 29 film tersebut, hanya 4 saja yang mendapatkan special mention, yakni DANGAL, MUNAFIK, TRAIN TO BUSAN dan HACKSAW RIDGE.

160_impor

     Tahun ini pula, saya kesulitan dalam menyusun Top 16 Film Indonesia. Dari 84 film, 33 film berhasil lolos kurasi dengan penilaian yang saya tetapkan. Selanjutnya saya harus mengeliminasi 17 film untuk menyisakan 16 film saja. Tanpa banyak basa-basi lagi, dengan bangga saya persembahkan 16 Film Indonesia Paling Keren 2016.

16. BANGKIT! – Drama, Bencana Alam

“Menawarkan bencana alam sebagai tema utama, Bangkit! berhasil memberi warna baru bagi perfilman nasional. Suguhan yang dramatik dan menyentuh, diperkuat pula oleh jajaran pemainnya, terutama Putri Ayudya”

161_bangkit

15. SUNDUL GAN: THE STORY of KASKUS – Biopik, IT, Persahabatan

“Ketika sebagian besar biopik berkutat pada tokoh pahlawan (nasional), sutradara muda Naya Anindita mencoba melawan arus. Meski sudah kehilangan momentum, Sundul Gan sukses memotret jatuh bangun dua orang sahabat dalam mendirikan membesarkan salah satu startup kebanggaan Indonesia. Cendol gan”

162_sundulgan

14. CEK TOKO SEBELAH – Komedi, Drama, Keluarga

“Keunggulan terbesar film ini adalah kejelian seorang Ernest Prakasa menggali keseharian untuk dijadikan tontonan audio visual. Cek Toko Sebelah jelas menunjukkan kedewasaan Ernest dalam bertutur dibandingkan dengan film sebelumnya”

163_cts

13. HEADSHOT – Laga, Romansa, Pembunuhan, Martial Art

“Dengan banyak adegan sadis nan brutal ala Mo Brothers, Headshot akan memuaskan para pecinta genre ini. Laga kekerasan penuh darah, baku hantam, pembunuhan, tusuk, cakar dan sejumlah adegan lainnya yang diberi sedikit bumbu romansa segar. Cukup Rika!”

164_headshot

12. ATHIRAH – Drama, Biopik, Perempuan, Budaya Lokal

“Ketika poligami dilukiskan dalam kesunyian tanpa kata, Cut Mini memberi nyawa terbesar dalam Athirah”

165_athirah

11. CINTA LAKI-LAKI BIASA – Romansa, Religi

“Romansa religi syahdu tanpa banyak ceramah menggurui, hadir dengan apik berkat chemistry solid dari Deva Mahenra dan Velove Vexia”

166_cl2b

10. UANG PANAI = MAHA(R)L – Komedi, Budaya Lokal

“Film lokal yang tembus box office. Sebuah sentuhan budaya lokal yang dikemas dalam komedi dan tak lupa pula diberikan pemanis kritik sosial, menjadikan Uang Panai sebagai salah satu film Indonesia yang memiliki ‘visi’ jelas”

167_uangpanai

9. THE PROFESSIONALS – IT, Kriminal

“Memadukan IT dan Crime dalam satu pola serupa Mission Impossible atau Italian Job, The Professionals cukup memenuhi syarat untuk bisa dibilang heist movie. Perpaduan naskah yang cerdas dengan editing yang rapih”

168_theprof

8. AACH… AKU JATUH CINTA – Romansa

“Karya Garin Nugroho yang mencoba lebih turut pada pasar. Menyaksikan kerumitan kisah cinta Rumi dan Yuli dengan visual yang memanjakan mata serta audio yang memanjakan telinga. Playful, bersenang-senanglah dengan film ini”

169_aajc

7. JINGGA – Drama, Remaja, Tunanetra

“Ketika disabilitas sering dieksploitasi untuk mendulang tangis penonton, Lola Amaria senantiasa mengambil jalur berbeda. Menjadikan tunanetra sebagai tokoh utama, menjadi hal yang sangat penting untuk diapresiasi, belum tentu sineas lain tertarik.”

170_jingga

6. ADA CINTA DI SMA – Remaja, Drama, Musikal

“Surprise!. Drama remaja yang tidak lebay. Dikemas dengan musik dan lagu-lagu yang easy listening, Ada Cinta di SMA bikin nostalgia”

171_acdsma

5. JUARA – Drama, Keluarga, Laga

“Drama keluarga menyentuh hati, dibalut dengan aksi laga, menjadi pembuktian insan yang terlibat di dalamnya, terutama Charles Gazali (sutradara) yang berhasil mengubah koreografi alay ala SM*SH menjadi suguhan laga yang meyakinkan dari seorang Bisma Karisma”

172_juara

4. SHY SHY CAT – Komedi, Budaya Lokal

“Bersatunya top aktor Indonesia saat ini; Acha Septriasa, Nirina Zubir, Tika Bravani, Fedi Nuril dan Titi Kamal, sangat berhasil menyajikan komedi di tengah gempuran arus stand up comedian. Memasukkan unsur budaya Sunda, nilai plus untuk Shy Shy Cat”

173_ssc

3. PASUKAN GARUDA: I LEAVE MY HEART IN LEBANON – Drama, TNI

“Bukan cinta segitiga atau perselingkuhan, Benni Setiawan berhasil menguak sisi psikologis seorang tentara menjadi tontonan yang berkelas. Ketika hati dan profesionalisme harus berbenturan dan sulit memilih keduanya, cerita harus tetap menemukan konklusi. Rio Dewanto sabar ya”

174_pgilmhil

2. RUDY HABIBIE – Drama, Biopik

“Prekuel dari Habibie & Ainun ini jelas tampil melampaui pendahulunya. Digarap apik oleh Hanung Bramantyo, Rudy Habibie memberikan banyak rasa dan isu. Masih ingat rumus fakta, masalah dan solusi?”

175_rudyhabibie

  1. AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA – Drama

“Ke-Indonesia-an yang kental membuat Aisyah layak bertengger di posisi pertama. Toleransi beragama, pendidikan, isu sosial, budaya dipadupadankan tanpa tumpang tindih. Suguhan yang haru sekaligus menampar”

176_aisyahbkb

Kalau kamu nonton Film apa saja selama 2016? Share di komentar ya…

Baca juga: Catatan Film Indonesia 2016

Iklan