Tag

, , , , , , ,


cover-the-professionals

     Manusia adalah makhluk sosial yang ditakdirkan untuk saling membutuhkan, saling memberi, saling menerima dan menjalin kehidupan yang baik dengan manusia di sekitarnya. Namun manusia pula diberikan hawa nafsu yang apabila melaju ke arah negatif maka segala cara akan dilakukan demi kepentingan diri sendiri meski harus mengorbankan kawan. Teman sejati tak akan makan teman bukan?

     Abi (Fachri Albar) merasa sakit hati karena telah dijadikan korban oleh rekan kantornya Reza (Arifin Putra) hingga ia dipenjara. Selepas keluar dari penjara Abi pun berniat balas dendam. Premis sederhana ini yang diangkat oleh film terbaru MNC Pictures, The Professionals. Lalu bagaimana cara Abi balas dendam?

    The Professionals menyajikan varian baru dalam genre perfilman Indonesia serupa Mission Impossible. Sekelompok orang berkumpul dengan maksud dan tujuan yang sama. Kemudian, mereka menamakan diri The Professionals dan memulai misinya!

Karakter Trimitra

     Saya mencoba mengambil trimitra sebagai perumpaan karakternya. Mengapa trimitra? Jawabannya ada di bioskop ya!
Jikalau boleh diartikan, maka trimitra bisa diartikan tiga mitra. So, film ini pun memiliki tiga karakter. KAWAN, LAWAN dan ABU-ABU (apakah lawan atau kawan). Sejatinya dalam hidup pun kita akan lebih mudah mengenali musuh yang terang-terangan melawan kita daripada mereka yang bersama kita namun ternyata musuh dalam selimut.

     Jelas di sini Abi dan Reza adalah musuh yang nyata satu sama lain. Abi pun dibantu Cokro (Lukman Sardi), Ferry (Cornelio Sunny), Jo (Richard Kyle) dan Sophie (Melayu Nicole) sementara di pihak Reza ada Nicole (Imelda Therinne), Pak Toha (Emil Kusumo), Dani (Ramon Tungka) dan sejumlah anak buahnya. Lalu siapa yang abu-abu? Tentu ada salah satu dari mereka!

     Karakter dalam The Professionals memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Secara permainan, Arifin Putra yang paling berhasil memainkan perannya. Lukman Sardi masih awesome meski terlihat lelah (maklum berperan sebagai seorang bapak yang anaknya seumur Dimas Aditya). Melayu Nicole dan Imelda Therinne, dua cewek di pusaran trimitra tampil bagus pula. Sisanya cukup lah, not bad!

IT & Kriminal

      Bagian inilah yang sangat saya apresiasi. The Professionals membuat balas dendam dengan naskah cerdas yang dipercayakan pada Baskoro Adi Wuryanto dan Stella Gunawan. Menyajikan unsur Teknologi Informasi dan Kriminal sebagai tema utama, menjadikan The Professionals suguhan yang menarik.

     Untuk balas dendam terhadap Reza, The Professionals harus menemukan semua kelemahan Reza yang tentunya dijaga ketat dengan pengamanan berlapis oleh tim IT nya. Rencana demi rencana pun dimulai. Masing-masing dari The Professionals memainkan perannya.

     Sophie sebagai gadis penakluk tentu diberdayakan pesonanya. Entah mengapa dalam film ini ia terlihat begitu mempesona. Ferry sebagai hacker mengontrol kondisi markas lawan dari markas The Professionals. Baku hantam dipercayakan pada Jo yang memang atlet tinju. Cokro membantu teknis perangkat kerasnya. Tentunya Abi sang pemilik ide.

     Usaha The Professionals menerobos keamanan Reza memang membuahkan hasil, namun masih ada sesuatu yang harus didapatkan oleh The Professionals. Saling menyalahkan dan ribut-ribut pun terjadi. Bagian ini saya kira penting, sound effect dan artikulasi para pemeran harap lebih diperhatikan. Hampir saya tidak bisa mendengar jelas apa-apa yang para pemeran ungkapkan.

      Seketika Abi pun pergi meninggalkan mereka yang ribut-ribut. Ia melaksanakan rencananya sendiri. Mulai dari titik inilah, The Professional menemukan pijakan yang tepat. Seterusnya sampai akhir, The Professional cerdas dan memukau!

Berhasilkan Abi membalas dendam? Bagaimana pula akhir kisah mereka? Masih tayang di bioskop-bioskop!

     Setelah dijejali komedi dan romansa sepanjang tahun ini, The Professionals membawa angin segar dalam perfilman Indonesia. Niat, usaha dan gagasannya dalam menambah varian baru perfilman nasional, sangatlah layak diapresiasi. Sebagai pecinta IT saya turut bangga dan saya pun sangat menikmati filmnya. Mungkin beberapa karakternya saja yang perlu diperdalam lagi, agar masing-masing karakter betul-betul believable.

So, kamu sudah nonton The Professionals?

 

Iklan