Tag

, , , , ,


     Terobosan terbaru dilakukan oleh XL. Salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini meluncurkan program Xmart Village 2.0. Apa dan bagaimana program tersebut?

Gambar Grand Launching XL Smart Village

Selamat Datang Grand Launching Xmart Village 2.0

     Mendapat undangan sebagai blogger (gayanya sich), saya berkesempatan menghadiri acara Grand Launching XL Smart Village 2.0 yang diselenggarakan di Graha XL Bandung Lt. 3, Jln. R.E Martadinata No. 7 Bandung. Acara dimulai sekitar pukul satu siang, namun sebelumnya seluruh tamu undangan dijamu dengan makan siang ala parasmanan.

Gambar Parasmanan

Para undangan sedang antri makan siang di acara GL Xmart Village 2.0

    Di era zaman yang serba canggih ini, maka orang-orang sukses adalah mereka yang menguasai teknologi, tapi bukan hanya menguasai saja lho, mereka yang harus terus dan menerus beradaptasi dengan perkembangan. Berkaca pada kasus Nokia yang hari ini, esok dan seterusnya mungkin namanya tidak akan terdengar lagi, padahal di awal tahun 2000an, saat saya pun masih sekolah dasar, Nokia adalah rajanya ponsel. Ada apa?

     Lalu bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia, negeri yang beraneka ragam budaya ini? Untuk kita yang hidup di kota besar seperti Bandung atau Jakarta mungkin sangat mudah akses terhadap teknologi, setiap hari dapat menggunakan internet, melakukan pembayaran listrik mulai menggunakan channel elektronik, belanja sudah via online dan lain-lain. Teknologi hadir membawa perubahan peradaban bagi masyarakat.

    Bagaimana dengan warga di desa yang secara umum masih belum mengenal teknologi secara utuh? Selangkah lebih maju, XL hadir dengan program Xmart Village 2.0. Dikatakan oleh Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan, Xmart Village merupakan bentuk nyata sumbangsih XL untuk memajukan Indonesia yang diwujudkan dalam program-program tepat guna berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaan. Saat ini, teknologi digital telah membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru. Teknologi digital juga telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir dan beraktivitas. Teknologi digital memungkinkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah masalah menjadi peluang. Selamat datang Xmart Village 2.0

    Xmart Village 2.0 ini telah diimplementasikan sejak Januari 2015 lalu di Desa Lamajang, Kabupaten Bandung dan Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang. Program ini merupakan pengembangan dari Xmart Village 1.0 yang telah diimplementasikan di Desa Kamojang, Kabupaten Bandung. Melalui program ini, XL memperkenalkan solusi – solusi inovatif terbaru bagi penduduk desa agar mereka dapat berkreasi untuk memberikan kontribusi secara positif dan efektif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh desanya. Dengan terbukanya akses teknologi dan pengetahuan, maka tak ada lagi penghambat bagi masyarakat setempat untuk bergerak lebih cepat dalam membangun dan memanfaatkan potensi desanya.

    Pada Xmart Village 2.0, XL secara lebih spesifik mengimplementasikan setidaknya 12 inisiatif yang memadukan antara program yang sudah dikembangkan pada Xmart Village 1.0 dengan beberapa inisiatif baru. Hal ini dikupas tuntas pada sesi talkshow yang menghadirkan Bpk. Ade Swargo Mulyo (Head of United Nations Development Partnership), Prof. Dr. Suhono H. Supangkat (Ketua LPIK ITB) dan kepala desa dari Lamajang dan Cipacing.

Gambar Talkshow

Talkshow mengenal lebih jauh program Xmart Village 2.0 bersama narasumber

Dalam talkshow tersebut dibahas pula inisiatif baru dalam program Xmart Village 2.0. beberapa inisiatif tersebut adalah :

  1. Pembuatan website sebagai alat promosi Lamajang dan Cipacing yang bertujuan mempermudah masyarakat luas untuk mendapat informasi mengenai berbagai aktivitas dan tempat-tempat menarik di kedua desa tersebut. Silakan kawan-kawan meluncur ke xmartvillage.com
  2. Tersedianya fasilitas SMS Blast sebagai sarana promosi dan penyebaran informasi mengenai daya tarik kedua desa tersebut.
  3. Menyediakan fasilitas pelatihan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat setempat. Pelatihan ini berguna untuk melatih kreativitas anak-anak, pemandu wisata dan juga ibu-ibu rumah tangga.
  4. Bersama-sama dengan ITB, menghadirkan signboard yang dilengkapi dengan Quick Responce Code (QRC). Kehadiran aplikasi dan signboard ini diharapkan dapat memperkuat aktivitas promosi pariwisata di kedua desa tersebut.
  5. Melakukan riset pemanasan global di desa setempat agar masyarakat dapat memperbaiki gaya hidup mereka untuk kelangsungan lingkungan, sekaligus mempersiapkan diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di kemudian hari. Selain efek pemanasan global, XL juga melakukan riset Xmart Village Maturity Model sebagai tolak ukur dan masukan untuk penyempurnaan program Xmart Village selanjutnya.
  6. Adanya fasilitas foto udara area Lamajang dan Cipacing yang bertujuan agar masyarakat setempat dapat mengenali potensi geografis desanya.
Gambar Inisiatif

Inisiatif baru pada program Xmart Village yang sudah diimplementasikan di Lamajang dan Cipacing

     Program Xmart Village 2.0 ini telah berdampak nyata baik langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan desa tersebut, diantaranya peningkatan hingga dua kali lipat jumlah pengunjung lokasi wisata berkat promosi yang integrasi melalui SMS Blast, call center, website dan aplikasi digital. selain itu, pelatihan mengenai bisnis online juga menarik minat warga untuk memiliki toko onlinenya sendiri. Dibantu tim pendamping, sebagian penduduk kini sudah memiliki toko online yang menjual berbagai hasil karya dari desanya melalui situs online. Saat ini setidaknya sudah ada 10 wanita warga setempat yang menguasai cara berjualan secara online.

    Acara yang dipandu Kang Sony dari Hardrock FM ini, sukses mengubah mindset bahwa masalah bukanlah hambatan tetapi bisa dijadikan peluang seiring dengan bagaimana kita memanfaatkan teknologi untuk keperluan yang positif. Bpk. Dr. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, MT (Kepala Diskominfo propinsi Jawa Barat) yang juga turut hadir dalam acara ini, melalui sambutannya beliau berpesan agar program ini tetap terjaga dan berkesinambungan serta dapat terus melakukan kerjasama baik dengan pemerintah maupun non pemerintah demi kemajuan Indonesia yang lebih baik.

Gambar Kang Sony

MC Kang Sony (HardRock FM) dengan gayanya yang khas namun lucu dan gokil

Gambar Kadiskominfo

Kadiskominfo Jawa Barat (kiri) menerima cinderamata yang diserahkan oleh perwakilan XL

    Akhirnya acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam itu berakhir pula. Sebelumnya ada penampilan dari grup karawitan yang berasal dari kedua desa tersebut yang menamai diri XL Group. Dipandu kang Sony, sumpah ending Grand Launching Xmart Village 2.0 ini mengocok perut saya dan nggak berhenti ngakak. Kang Sony dan sinden sukses membawakan acara dengan baik. Lucu dan gokil. Saya yang juga hobby MC tertarik dengan penampilan Kang Sony ini, dan di akhir acara saya beranikan diri menemui beliau dan menyerahkan kartu nama, niatnya sich untuk belajar, lebih jauhnya barangkali kecipratan job, ahaaay.

Gambar Lain 3

Gladi Resik sebelum acara dimulai

Gambar Lain 1

Berfoto bersama seusai opening ceremony Grand Launching Xmart Village 2.0

Gambar Lain 2

MC & Para Pemenang Doorprize dari rekan-rekan media dan blogger

    Selesai sudah, akhirnya saya pulang dengan bahagia. Mendapat relasi baru, ilmu baru dan yang terpenting saya apresiasi niat baik XL untuk memajukan Indonesia melalui program Xmart Village dan ternyata targetnya adalah 70 ribu desa. Wow, mari kita sama-sama doakan semoga XL tetap maju dan terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia, dan langkah ini pun selayaknya ditiru oleh semua pihak sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing. Sekarang Bisa!!!

Iklan