Tag

, , , , , , , , , , , ,


     Tahun 2013 sudah berlalu, dan 2014 sudah tiba. Tercatat sudah 106 film Indonesia yang beredar sepanjang tahun 2013. Dari dunia film Indonesia tersebut, saatnya saya membuat kaleidoskop Film Indonesia 2013 untuk 4 kategori saja yakni : (kata-katanya copas dari postingan sebelumnya, heheh)

     Kesuksesan sebuah film tidak akan terlepas dari seorang sutradara yang handal. Indonesia memiliki sutradara-sutradara yang mampu menghasilkan film-film berkualitas, baik dari segi cerita, artistik maupun para pemerannya. Inilah 13 sutradara Indonesia terbaik tahun 2013 versi Raja Blackwhite, cekidot …

13. Putrama Tuta – Noah (Awal Semula)

12. Fajar Bustomi – Slank Nggak Ada Matinya

11. Viva Westi – Mursala

10. Guntur Soeharjanto – 99 Cahaya di Langit Eropa

9. Rako Prijanto – Sang Kiai

8. Monty Tiwa – Get M4rried

7. Ifa Isfansyah – 9 Summers 10 Autumns

6. Dinna Jasanti – Laura & Marsha

5. Benni Setiawan – Madre

benni

4. Mouly Surya – Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta

mouly

3. Riri Riza – Sokola Rimba

riri

2. Upi – Belenggu

Upi

1. Hanung Bramantyo – Soekarno

HB

     Sungguh sulit menentukan siapa sutradara terbaik untuk tahun ini. 4 nama teratas yakni Hanung Bramantyo, Upi, Riri Riza dan Mouly Surya menjadi kandidat terbesar untuk dipilih. Setelah melalui proses pemikiran yang matang, nama mengerucut menjadi dua yakni antara Hanung Bramantyo dan Upi. Keduanya sama-sama sutradara hebat, masing-masing membesut Belenggu dan Soekarno dengan sangat apiknya. Namun karena harus satu juaranya, maka pilihan saya jatuh pada Hanung Bramantyo. Yang menjadikannya sebagai nilai plus adalah karena beliau pun menggarap satu film lagi di awal tahun 2013 yakni Gending Sriwjaya yang salah satunya dibintangi Julia Perez. Lewat film ini Hanung berhasil merubah image seksi Julia Perez yang kerap bermain di film horror dan seksi. Berperan sebagai Malini, Julia Perez berhasil meraih piala sebagai pemeran utama wanita terpuji Festival Film Bandung 2013 dan juga pemeran utama wanita terpilih Anugerah Piala Maya 2013. Hal ini yang membuat saya memilih Hanung Bramantyo sebagai sutradara terbaik 2013. Maju terus perfilman Indonesia.

Iklan