Tag

, , , , , , , , , , , , , ,


     Tahun 2013 sudah berlalu, dan 2014 sudah tiba. Tercatat sudah 106 film Indonesia yang beredar sepanjang tahun 2013. Dari dunia film Indonesia tersebut, saatnya saya membuat kaleidoskop Film Indonesia 2013 untuk 4 kategori saja yakni : (kata-katanya copas dari postingan sebelumnya, heheh)

     Di postingan kali ini, setelah 13 aktor terbaik, kini giliran saya akan menyusun 13 Aktris Terbaik 2013. Kriterianya adalah aktris (wanita) yang main di film Indonesia baik itu sebagai pemeran utama ataupun pemeran pendukung, tidak saya pisahkan. 13 Aktris yang saya pilih ini murni pilihan saya yang aktingnya berhasil mencuri perhatian saya dan cukup memorable. Tanpa basa-basi kita langsung mulai dari posisi 13

13. Raline Shah – 99 Cahaya di Langit Eropa

12. Laura Basuki – Madre

11. Adinia Wirasti – Laura & Marsha

10. Happy Salma – Air Mata Terakhir Bunda

9. Ayushita – Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta

8. Lina Marpaung – Demi Ucok

7. Dewi Irawan – Rectoverso

6. Jajang C. Noer – Belenggu

5. Tika Bravani – Soekarno

Tika Bravani

4. Julia Perez – Gending Sriwijaya

julia perez

3. Imelda Therinne – Belenggu

Imelda

2. Prisia Nasution – Sokola Rimba

Prisia-H

1. Maudy Koesnaedi – Soekarno

Maudy

     Yupz, itulah 13 besar penampilan aktris (utama/pendukung) yang menurut saya terbaik. Dalam kaleidoskop ini, banyak pemeran pendukung yang berada di posisi atas termasuk sang jawara, pemeran Ibu Inggit dalam Soekarno, Maudy Koesnaedi, menjadi artis paling saya kagumi sepanjang 2013. Aktingnya natural, memukau, memorable, bersaing ketat dengan Prisia Nasution pemeran utama dalam Sokola Rimba, namun setelah bertapa, hehehe, pilihan hati jatuh pada Ibu Inggit. Ada juga yang aktingnya berkembang dengan pesat. Dalam kurun jeda waktu satu tahun filmnya tayang, saya membandingkan akting Raline Shah dalam 5 CM dengan akting dia dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa. Sangat jauh berbeda, di 99 Cahaya di Langit Eropa (part 1), Raline Shah yang memerankan Fatma Pasha, sangat menonjol bahkan menurut saya, Acha Septriasa (yang notabene pemeran utama) tenggelam oleh akting Raline Shah. Kemajuan juga ditunjukkan oleh Julia Perez, lewat film arahan sutradara Hanung Bramantyo, Gending Sriwijaya, Jupe mampu hadir berbeda, wajar saja jika ia duduk di posisi 4, dalam 13 Aktris Terbaik 2013 versi saya. Terus majukan film Indonesia.

