Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


     Musik yang asyik itu adalah musik yang dapat dinikmati dengan baik, enak didengar atau istilah gaulnya easy listening dan dapat disajikan dalam bentuk karya produksi beragam. Secara pribadi memang saya lebih menyukai musik Indonesia dibanding musik luar negeri. Nah, karya produksi musik Indonesia pun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Merujuk pada penghargaan tertinggi insan musik Indonesia yakni Anugerah Musik Indonesia, karya produksi musik tersebut dapat disajikan dalam bentuk yang beragam, misalnya karya produksi bidang pop, karya produksi bidang rock, karya produksi bidang dangdut, karya produksi bidang jazz, karya produksi kolaborasi, karya produksi grup vokal, karya produksi soundtrack dan karya produksi lainnya. Nah, khusus di artikel ini saya akan ulas musik asyik Indonesia yang disajikan dalam bentuk karya produksi soundtrack film.

     Perkembangan musik Indonesia yang dikemas dalam bentuk soundtrack film Indonesia cukup meningkat, bahkan banyak soundtrack tersebut yang melambung tinggi dan populer bersamaan dengan popularitas filmnya. Sesuai judul tulisan artikel ini yaitu 13 Musik Asyik dalam Soundtrack, akan saya sajikan 13 lagu soundtrack film Indonesia yang menurut saya menyajikan musik asyik terbaik.

     Adapun kriteria yang saya gunakan untuk menyaring 13 terasyik dan terbaik (serasa jadi juri AMI) itu adalah sebagai berikut :

a. Lagu yang beredar selama 13 tahun terakhir yakni periode 2000 – 2013

b. Memiliki musikalitas yang tinggi

c. Easy Listening

d. Memiliki esensi jiwa yang berkaitan erat dengan filmnya

e. Yang tak kalah penting adalah lagu tersebut populer

Ok, teman – teman, tanpa basa – basi kita mulai urutkan 13 Musik Asyik dalam Soundtrack berikut ini.

13# Cinta Pertama – Bunga Citra Lestari (Cinta Pertama)

     Di urutan juru kunci alias posisi 13 ada sebuah musik asyik persembahan dari penyanyi cantik Bunga Citra Lestari. Diambil dari kantong album OST. Cinta Pertama, lagu dengan judul yang sama ini cukup populer saat itu. Musik asyik ciptaan Dewiq ini memiliki lirik yang mudah dicerna serta kata-katanya yang ringan. Musik Asyik dalam Cinta Pertama (Sunny) ini pun menjadi pembuktian awal kesuksesan seorang pemain sinetron yang terjun juga ke dunia tarik suara. Dirilis pada akhir tahun 2006, musik asyik ini pun langsung disambut dengan baik oleh pecinta musik Indonesia.

12# Tak Bisakah – Peterpan (Alexandria)

     Lanjut ke posisi 12. Musik asyik yang bertengger di urutan ini adalah musik asyik persembahan salah satu band terbaik negeri ini (menurut saya). Yupz, Peterpan (sebelum berganti nama menjadi NOAH), pernah merilis sebuah album untuk soundtrack film Alexandria. Musik Asyik andalannya berjudul Tak Bisakah. Musik Asyik ini pun cukup populer di masanya. Musik Asyik ini pun sempat memicu kontroversi akibat ada musik asyik lainnya dari negeri Bollywood yang nada-nadanya mirip dengan Tak Bisakah. Belakangan diketahui, memang musik asyik dari negeri Bollywood itu yang menjadikan Tak Bisakah sebagai inspirator dalam membuat musiknya. Musik asyik yang disuguhkan dalam Tak Bisakah sangat easy listening. So, Tak Bisakah kau menungguku ???

11# Laskar Pelangi – Nidji (Laskar Pelangi)

     Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Pastinya cukup familiar kan dengan lirik tersebut? Yupz. itu dia lirik dari musik asyik Laskar Pelangi yang dipersembahkan oleh Nidji. Ya, musik asyik tersebut bertengger di posisi 11. Merupakan soundtrack dari sebuah film fenomenal pada tahun 2008 dengan judul yang sama yakni Laskar Pelangi, musik asyik ini pun berhasil memenangkan penghargaan sebagai soundtrack terfavorit di ajang Indonesian Movie Award 2009 bahkan mengalahkan soundtrack yang tak kalah fenomenalnya yakni Ayat-ayat Cinta yang dinyanyikan oleh Rossa. Musik asyik Laskar Pelangi sarat dengan nuansa motivasi dalam segenap liriknya, selain memang permainan musik Nidji yang sangat apik. Maka wajar saja, jika saya memasukkan musik asyik Laskar Pelangi ke dalam 13 Musik Asyik terasyik.

10# Sang Pemimpi – Gigi (Sang Pemimpi)

     Sekuel dari Laskar Pelangi adalah Sang Pemimpi. Sekuelnya pun menghasilkan soundtrack yang tak kalah bagusnya. Untuk kesempatan kali ini sondtrack Sang Pemimpi dipercayakan kepada band senior GIGI. Mengusung musik asyik yang sama dengan judul filmnya, Sang Pemimpi karya GIGI bertengger di posisi 10. Musikalitas yang sangat bersemangat dipadu dengan lirik yang bagus serta aksi panggung GIGI yang atraktif membuat musik asyik Sang Pemimpi benar-benar asyik untuk dinikmati. Musik asyik ini pun berhasil memenangkan perhargaan sebagai Soundtrack Terfavorit di ajang Indonesian Movie Award 2010 bahkan mengalahkan soundtrack Ketika Cinta Bertasbih yang filmnya menjadi juara sebagai film Terfavorit di ajang tersebut

9# Saat Kau Pergi – Bunga Citra Lestari (Dealova)

     Musik Asyik yang bertengger di posisi 9, dihadirkan oleh penyanyi yang musik asyik soundtracknya duduk di posisi 13 seperti yang sudah diulas di atas. Siapa lagi kalau bukan Bunga Citra Lestari. Kali ini BCL (sapaan akrab) hadir lewat musik asyik Saat Kau Pergi yang menjadi original soundtrack Dealova. Sebelum BCL mengeluarkan album pertamanya Cinta Pertama (Sunny) yang menjadi original soundtrack CInta Pertama, BCL ikut berkontribusi untuk OST. Dealova. Di musik asyik inilah kekuatan dan karakter vokal BCL mulai terlihat. Musik asyiknya pun dikemas apik dan rapi. So saat itu, siapa yang enggak mendendangkan “Apa kau melihat dan mendengar tangis kehilangan dariku, baru saja ku ingin kau tahu perasaanku…“. Gimana enggak dalem kan tuh? Heheeh

8# Tendangan Dari Langit – Kotak (Tendangan Dari Langit)

     Tidak hanya Peterpan, Gigi dan Nidji, band papan atas Indonesia lainnya pun turut serta dalam sebuah soundtrack film. Salah satunya adalah KOTAK. Di posisi delapan ini bertengger musik asyik persembahan mereka lewat Tendangan Dari Langit. Ternyata kalau dilihat-lihat banyak juga musik asyik yang dijadikan soundtrack sama dengan judul filmnya. Musik asyik KOTAK ini sama semangatnya dengan musik asyik GIGI lewat Sang Pemimpi. Musik yang energik serta penampilannya yang atraktif membuat musik asyik ini mampu bertengger di posisi delapan. Sama halnya seperti Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, Tendangan Dari Langit pun berhasil menjadi soundtrack terfavorit di ajang Indonesia Movie Award pada tahun 2012.

7# Ada Apa Dengan Cinta – Melly Goeslaw feat Eric (Ada Apa Dengan Cinta)

     Ini dia salah satu persembahan terbaik dan terasyik Melly Goeslaw yang dikemas dalam soundtrack. Di posisi tujuh ini Melly mempersembahkan Ada Apa Dengan Cinta yang dinyanyikannya secara duet bersama Eric. Tak diragukan lagi kualitas seorang Melly Goeslawa dalam pembuatan musik asyik untuk soundtrack. Sejumlah film box office pernah dibuat soundtracknya oleh Melly Goeslaw sebut saja Ada Apa Dengan Cinta, Eiffel I’m in Love, Tentang Dia, Apa Artinya Cinta?, Heart, Love Story, Butterfly, Heart 2 Heart, Brokenheart, Kabayan Jadi Milyuner, Ketika Cinta Bertasbih hingga Ayat-ayat Cinta. Ada Apa Dengan Cinta benar-benar sebuah karya musik asyik yang asyik dinikmati. Saat itu booming musik asyik ini pun menjamah hampir semua kalangan terutama kalangan remaja.

6# Jablai – Titi Kamal (Mendadak Dangdut)

     Lai..Lai..Lai..Lai..Lai… Panggil aku si Jablai. Dari 13 musik asyik yang masuk di artikel kali ini, musik asyik yang bertengger di posisi enam inilah yang memiliki jenis musik yang berbeda. Seorang Titi Kamal yang seyogyanya bukan merupakan seorang penyanyi berhasil membawakan musik asyik ini dengan santai dan menyihir publik. Yupz, Jablai atau singkatan dari jarang dibelai ini merupakan original soundtrack Mendadak Dangdut yang diproduksi pada tahun 2006. Musik asyik dengan berirama dangdut/melayu ini pun menjadi salah satu soundtrack yang populer pada tahun 2006. Perlu saya akui, pada tahun 2006 itu, betul – betul musik Indonesia sedang mengalami asyik-asyiknya. Tidak terlalu banyak dominasi beberapa penyanyi, dan album pun laku keras dan bisa menghasilkan beberapa single populer tidak hanya sebuah single. Nggak percaya? Kita tengok artis artis ini yang merajai musik asyik di tahun tersebut. Ada Nidji, Samsons, Agnes Monica, Ratu, Ungu, Naff, Radja, Peterpan hingga duet Acha & Irwansyah.

5# Cinta Sejati – Bunga Citra Lestari (Habibie & Ainun)

     Cinta kita melukiskan sejarah, menggelarkan cerita penuh sukacita sehingga siapapun insan Tuhan pasti tahu cinta kita sejati. Wah, lagi – lagi Bunga Citra Lestari hadir di tongkrongan 13 Musik Asyik dalam Soundtrack. Di posisi lima kali ini, BCL hadir dengan musik asyik karya Melly Goeslaw. Yupz, Cinta Sejati yang dijadikan soundtrack untuk film laris Habibie & Ainun. Hingga detik ini, musik asyik ini masih populer, bahkan beberapa waktu lalu berhasil menyabet penghargaan sebagai soundtrack terfavorit di ajang Indonesia Movie Award 2013 mengalahkan Perahu Kertas yang dinyanyikan oleh Maudy Ayunda, serta Malaikat Juga Tahu oleh Glenn Fredly untuk soundtrack Rectoverso. Nah persaingan sengit antara musik asyik Cinta Sejati dan Perahu Kertas akan terjadi kembali di Anugerah Musik Indonesia 2013 dalam bidang karya produksi original soundtrack film terbaik. Musik asyik Cinta Sejati ini adalah kerjasama pertama BCL dan Melly Goeslaw, sebelumnya BCL lebih banyak membawakan musik asyik karya Dewiq termasuk Cinta Pertama (Sunny) yang bertengger di posisi 13.

4# Garuda di Dadaku – Netral (Garuda di Dadaku)

     Siapa yang tak kenal musik asyik yang bertengger di posisi 4 ini. Seakan – akan sudah serasa lagu wajib nasional jika ada event – event olahraga yang diselenggarakan terlebih pertandingan sepakbola. Yupz, ini dia musik asyik Garuda di Dadaku yang dipersembahkan oleh band rock NETRAL. Nuansa musiknya memang sangat semangat serupa dengan Sang Pemimpi dan Tendangan dari Langit. Point plus dari musik asyik ini adalah sepertinya karya ini akan bertahan cukup lama, mengingat musik asyik ini sudah mendarah daging setiap event olahraga serupa dengan musik asyiknya “Bendera” karya Cokelat yang tiap memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia selalu dikumandangkan. Musik asyik yang diadaptasi dari lagu daerah Papua berjudul Apuse ini menjadi salah satu musik asyik yang patut diperhitungkan..

3# My Heart – Acha Septriasa & Irwansyah (Heart)

     Lagi – lagi pemenang soundtrack terfavorit di ajang Indonesian Movie Award menghiasi deretan 13 musik asyik terbaik postingan kali ini. Duduk di peringkat tiga, hadir sebuah soundtrack yang memenangkan penghargaan Indonesian Movie Award sebagai soundtrack terfavorit pada tahun 2007. Siapa dia? Sebuah musik asyik karya Melly Goeslaw yang dinyanyikan secara duet oleh pasangan Acha Septriasa & Irwansyah untuk sebuah film berjudul “Heart”. Musik asyiknya sendiri mengambil judul My Heart. Kualitas vokal Acha dan Irwansyah memang tidak sematang penyanyi solo lainnya seperti Bunga Citra Lestari atau Once Mekel, namun Melly berhasil membuat musik asyik ini begitu pas dinyanyikan oleh mereka berdua. Liriknya yang merupakan kombinasi bahasa Indonesia dan Inggris ini, sangat menyentuh sekali dengan cerita filmnya. Maka tak ayal, jika musik asyik ini menang di Indonesian Movie Award 2007, padahal saingannya berat-berat lo kawan, ada Cinta Pertama (Sunny)nya Bunga Citra Lestari, Tak Bisakah milik Peterpan hingga Jablainya Titi Kamal yang semuanya pun masuk di 13 Musik Asyik dalam Soundtrack di artikel ini.

2# Ayat – Ayat Cinta – Rossa (Ayat-Ayat Cinta)

     Sebuah karya apik Melly Goeslaw kembali duduk di jajaran musik asyik terbaik kali ini. Namun untuk di posisi runner up ini, musik asyik yang bertengger adalah musik asyik yang dilantunkan oleh salah satu juri ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia, Rossa. Lewat musik asyik Ayat-ayat Cinta yang menjadi original soundtrack film dengan judul sama, yakni Ayat-ayat Cinta pula, Rossa berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Solo Wanita Terbaik ANugerah Musik Indonesia tahun 2008 yang sebelumnya selalu diraih oleh penyanyi multitalenta Agnes Monica. Musik asyik Ayat-ayat Cinta juga berhasil masuk di jajaran soundtrack terfavorit Indonesia Movie Award 2009, namun sayang tahta harus jatuh pada Laskar Pelangi. Musik asyik ini pun menyuguhkan lirik yang baik dan khasnya Melly Goeslaw pun sangat terasa. Sangat wajar jika Ayat-ayat Cinta saya tempatkan di posisi nomor dua. Itu artinya masih ada satu lagu yang paling juara. Siapa dia? Next …

1# Dealova – Once (Dealova)

     Waw…. ternyata sang jawara 13 Musik Asyik jatuh pada Dealova persembahan Once Mekel. Musik asyik yang diciptakan oleh penyanyi religius Opick ini memiliki kekuatan lirik yang paling sarat makna dan menyentuh dibanding 12 musik asyik yang sudah saya sebutkan diatas. Dipadukan dengan suara khas Once, membuat Dealova begitu berhasil menorehkan sejarah sebagai musik yang sangat asyik. Tentu kawan masih ingat dengan “Aku ingin menjadi mimpi indah dalam tidurmu” atau “Aku ingin menjadi sesuatu yang slalu bisa kau sentuh ” atau “tanpamu sepinya waktu merangkai hati, bayangmu seakan – akan“. Pokoknya kekuatan liriknya itulah alasan utama saya menempatan Dealova di posisi puncak. Sebetulnya sempat ada konflik batin sih antara Dealova dan Ayat-ayat Cinta, karena keduanya sama-sama keren dan asyik. Namun akhirnya saya mendengarkan kedua musik asyik tersebut selama tiga kali secara bergantian, dan akhirnya pilihan saya jatuh pada Dealova.

     Nah, itulah 13 musik asyik yang tersaji dalam karya produksi original soundtrack film Indonesia. Oia, kenapa saya memilih 13? Alasannya sich sederhana saja karena sekarang tahun 2013 dan juga musik asyik yang disaring beredar pada periode 13 tahun terakhir. Proses penentuannya pun cukup rumit, ini betul-betul murni menggunakan insting saya, hehehe. Pertama saya ingat-ingat soundtrack film sepanjang periode tersebut, lalu saya catat dan alhasil terkumpulah 27 karya musik asyik soundtrack. Dari 27 (14 musik asyik lainnya saya tuliskan di komentar) tersebut, dengan pertimbangan yang sudah disebutkan diatas, saya sortir menjadi 13 besar. Hasil akhirnya adalah seperti yang sudah kawan – kawan baca di artikel di atas. Bagaimana kawan? Ada yang mau menambahkan?

Iklan