Tag

, , , , , , , , , , , ,


     Alhamdulillah akhirnya bisa juga menyelesaikan ulasan Festival Film Bandung 2013 bagian duanya. Jika pada part pertama, kita membahas peluang peraih film Terpuji, untuk bagian kedua ini kita akan ulas peluang untuk para aktris meraih Pemeran Utama Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2013.

     Bagi yang belum membaca bagian satu, silakan baca dulu disini ya, biar lebih lengkap dan kaya referensi ulasannya.

     Ok, langsung saja, seperti dibicarakan di bagian sebelumnya hanya ada 15 film bioskop yang akan bersaing dan meramaikan FFB 2013. Dari 15 film tersebut tentunya memiliki pemeran utama pria dan wanita, baik itu salah satunya ataupun keduanya. Ternyata FFB 2013 memasukkan 6 nama aktris sebagai pemeran utama wanita terpuji. Sebagian dari mereka, bukanlah nama asing lagi tapi ada juga pendatang baru. Oia, yang sangat saya sayangkan adalah nama NIRINA ZUBIR yang berakting apik dalam Bidadari – Bidadari Surga serta TITI RAJO BINTANG (Titi Sjuman : dulu) dalam filmnya Rayya Cahaya di Atas Cahaya, tidak masuk dalam enam daftar pemeran utama wanita terpuji kali ini, padahal menurut saya ada satu aktris yang semestinya belum “pas” bersanding dengan yang lainnya. Siapa dia, kita ikuti satu – satu yuk.

ACHA SEPTRIASA – TEST PACK

Siapa yang tak kenal aktris cantik nan berbakat Acha Septriasa??? Kali ini lewat filmnya Test Pack, ia berhasil menjadi salah satu nominator Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2013. Prestasi terbesarnya mungkin adalah dia berhasil meraih Piala Citra Kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2012 lewat film yang sama. Ini salah satu peluang Acha untuk juga bisa meraih piala FFB 2013. Lewat film Test Pack juga dirinya berhasil meraih nominasi di Indonesian Movie Award 2013 sebagai Pemeran Utama Wanita Terfavorit dan Terbaik. Sayangnya, kiprahnya di IMA 2013 harus dikalahkan oleh para pemain film BELENGGU, yakni Imelda Therinne dan Laudya Cyntia Bella. Untungnya BELENGGU tidak masuk dari 15 film yang bersaing di FFB 2013. Akankah Acha Septriasa berhasil membawa pulang piala FFB 2013 sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji???

BUNGA CITRA LESTARI – HABIBIE & AINUN

Acha Septriasa akan bersaing kembali bersama – sama BUNGA CITRA LESTARI di FFB 2013. Sebelumnya mereka berdua juga sama-sama bersaing di IMA 2013 sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Terfavorit, meski seperti yang sudah saya ulas di atas, keduanya dikalahkan oleh para pemain BELENGGU. Peluang BCL untuk membawa pulang piala FFB 2013 juga cukup besar. Meski akhir-akhir ini BCL lebih dikenal luas sebagai penyanyi, namun akting apiknya memerankan Ibu Ainun dalam film garapan Faozan Rizal, Habibie & Ainun patut mendapat apresiasi besar. Menurut saya dirinya cukup mampu membawakan peran tersebut dengan baik dan bijaksana. Apakah anda setuju jika Bunga Citra Lestari yang layak mendapat predikat Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2013???

LANA NITIBASKARA – AMBILKAN BULAN

Acha dan BCL, juga akan bersaing ketat dengan aktris cilik pendatang baru LANA NITIBASKARA dalam film AMBILKAN BULAN. Akting apiknya membuat saya setuju jika LANA masuk dalam nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji FFB 2013. Secara pengalaman, LANA memang kalah jauh dibanding dua pesaingnya yang sudah saya ulas, Acha dan BCL. Namun tidak menutup kemungkinan ia bisa meraih dan membawa pulang piala tersebut. Jauh sebelum LANA, saya juga sempat tertarik pada akting aktris cilik wanita seperti Nasya Abigail dalam Perempuan Berkalung Sorban dan Salma Paramitha dalam Rindu Purnama. Apakah anda suka aktris cilik berbakat dan mendukung LANA NITIBASKARA sebagai yang terpuji di FFB 2013???

LAURA BASUKI – MADRE

Dibilang sangat populer tidak, dibilang redup juga tidak. Itulah sekilas yang bisa digambarkan dari seorang Laura Basuki. Lewat film perdananya Gara-Gara Bola, dia berhasil mampu menyihir publik dengan menang di pada acara Indonesian Movie Award beberapa tahun silam sebagai pendatang baru wanita terbaik dan terfavorit. Kiprahnya pun berlanjut dalam film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, yang dipasangkan dengan aktor Reza Rahadian. Dirinya pun mampu membawa pulang Piala Citra Kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2013. Kembali totalitas aktingnya diuji dalam film Madre yang mampu mengantarkan dirinya menjadi nominasi pemeran utama wanita terpuji FFB 2013. Dengan pengalamannya mendapat piala citra, bukan tidak mungkin Laura akan menjadi saingan terberat Acha Septriasa yang juga sama-sama pernah mendapat piala citra. Apakah anda menginginkan Laura Basuki yang mengambil Piala Pemeran Utama Wanita Terpuji FFB 2013???

AGNI PRATISHTA – CINTA TAPI BEDA

Nah, ini dia satu aktris yang menurut saya belum pas untuk bersanding dengan yang lainnya. Meski dirinya bukan pendatang baru, tapi aktingnya dalam film Cinta Tapi Beda, buat saya belum terlihat totalitasnnya. Aktingnya sungguh jauh kalah jika dibandingkan dengan Nirina Zubir dalam Bidadari – Bidadari Surga. Mungkin karena dua filmnya yakni Cinta Tapi Beda dan 9 Summers 10 Autumn masuk bersaing di jajaran FFB 2013, sehingga Agni layak masuk nominasi. Namun bagaimanapun juga, saya tetap menghargai dewan juri dalam memilih Agni Pratista. Peluangnya menurut saya tidak terlalu besar, apalagi tidak ditunjang dengan film yang laris manis dan spektakuler seperti Habibis e & Ainun. Akan tetapi bukan tidak mungkin bagi Agni mendapat piala Pemeran Utama Wanita Terpuji FFB 2013. Bagaimana menurut anda??

JULIA PEREZ – GENDING SRIWIJAYA

Sungguh mengagetkan!!! Mungkin jika anda menyoroti pada namanya saja yakni Julia Perez, sudah barang tentu dialah artis yang akan banyak ditolak masayarakat untuk mendapatkan predikat terpuji di FFB 2013. Filmnya Beranak Dalam Kubur, Susahnya Jadi Perawan, Kuntilanak Kamar Mayat dan sejumlah film horror seks tentu sangat tidak layak jika Jupe mendapat penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji. Namun begitu lewat film Gending Sriwijaya dan tangan dingin Hanung Bramantyo, Jupe berhasil mengubah image seksinya menjadi artis yang punya totalitas dalam berakting. Kerja keras yang dilakukannya demi Gending Sriwjaya patut diacungi jempol. Aktingnya pun ternyata cukup baik dan membuat saya setuju jika Jupe berderet di antara nama – nama Laura Basuki, Acha Septriasa dan Bunga Citra Lestari sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik FFB 2013. Namun apakah Jupe mampu mengalahkan lawan-lawannya dan membawa pulang piala tersebut???

     Itulah enam aktris yang mendapat nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2013. Dari 6 nama tersebut, ada tiga nama yang paling saya jagokan untuk menang yakni Acha Septriasa, Bunga Citra Lestari dan Julia Perez. Faktor utama yang saya lihat adalah bagaimana mereka menjiwai setiap peran yang dimainkannnya. Namun karena harus memilih satu, dan ternyata cukup berat pilihan saya jatuh pada Pemenang Piala Citra FFI 2012 yakni Acha Septriasa dalam Test Pack untuk kembali meraih penghargaan sejenis sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2013. Apakah anda sependapat dengan saya, atau punya jagoan lain??

image

Iklan