Tag

, , , ,


11 Januari 2012, beberapa hari yang lalu atau bahkan hampir sebulan yang lalu, itu adalah hari dimana tepat satu tahun aku bekerja sebagai pegawai bank bjb. Lalu bagaimana kronologisnya hingga aku yang bercita-cita menjadi artis dapat tersesat kedua kali setelah ke dunia Informatika kini ke dunia perbankan???

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, meski tersesat namun inilah sesat yang membawa nikmat.. Kita ikuti kisahku setahun ke belakang dan bagaimana naik turunnya pekerjaanku ini.

8 Januari 2012

Aku dikenalkan dengan seorang bos (yang belakangan aku tahu jabatannya sebagai pingrup divisi diklat) oleh sahabat kampusku yang lebih dulu kerja di bjb di Divisi Teknologi Informasi. Di hari ini pula selepas makan siang aku diwawancara. Dengan stelan rambut gondrong, sepatu kets, celana jeans dan jacket kucel, aku jujur setengah hati menjalani hal ini. Menurut sahabatku itu, katanya Divisi Diklat sedang membutuhkan orang yang jago IT untuk pengembangan e-learning bank bjb yang berada di bawah kewenangan diklat.

11 Januari 2012

Aku diterima kerja di Div Diklat bank bjb dan tentunya ini hari pertama kerja. Statusku aku belum tahu (saat itu aku nggak ngerti dengan istilah PKWT, Outsourcing maupun calon pegawai yang berlaku di bank bjb).

Ternyata tugas pertamaku bukanlah berhubungan dengan e-learning melainkan membuat memo – memo pelatihan. Saat itu aku tak berpikir banyak, aku jalani saja apa yang ada di hadapanku.

25 Januari 2012

Aku belum dapat gaji, mengingat statusku pun aku nggak tahu. Aku yang terlalu polos, hanya menerima dan tak berani bertanya bagaimana aku dibayar.

10 Februari 2012

Pingrup (pengembangan program) aku, dimutasi ke supervisi dan digantikan oleh bosku yang baru. Sebelumnya beliau berasal dari bank bjb Cabang Palabuhan Ratu. Hari itu juga diadakan serah terima jabatan. Pergantian ini tidak membuat aku terpengaruh apa pun. Karena aku berpikir aku bertanggung jawab atas kerjaan tak peduli siapa bosku.

Belakangan aku tahu, kalau statusku di bjb sebagai outsorcing. Rupanya aku belum digaji karena belum memiliki vendor.

Aku pun disarankan oleh rekan kerjaku untuk mengikuti test calon pegawai. Satu demi satu tahapan aku lalui. Bagian ini tidak akan terlalu banyak aku ceritakan, tapi yang pasti aku ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu menyukseskan tiap tahapan testnya.

25 Februari 2012

Sekitar tanggal segitu, suatu siang ketika rapat bosku (pindiv) nanya ke aku masalah gaji. Dengan polosnya aku jawab sampai saat ini belum dapat gaji. Saat itu juga pindiv memerintahkan bos PP dan bos OP untuk segera mengurusnya. Kata beliau pantang kita gaji orang setelah keringatnya kering. Bos PP (atasan langsung aku) pun bertanya kenapa tidak bilang, beliau pikir tak ada masalah apa-apa. Jujur aku nggak berani bilang, aku hanya bisa membiarkan semuanya berlalu, dan aku pun minta maaf jika aku salah dan bosku bilang kalau ada apa-apa cerita saja, disitulah yang kurasa menjadi pintu awal kedekatan aku dengan bosku itu.

27 Februari 2012

Alhamdulilah, gaji pertamaku ternyata masuk rekening juga. Ya bersyukur, jadinya bisa bayar utang teman-teman yang aku pinjam, karena selama sebulan ke belakang, semua biaya hidup mulai kost-an, makan dan lain sebagainya aku pinjam dulu dari teman-teman.

Dalam kerjaan sehari-hari dalam grup PP, aku bergabung bersama orang-orang hebat sebut saja O dan R. Meski banyaknya dengan O. Banyak yang aku pelajari darinya, mulai bagaimana aku berani bernegosiasi dengan vendor, membuat memo yang lebih efektif hingga akhirnya dengan learning by doing dapat dilakukan inovasi inovasi dalam pekerjaan yang tentunya mempermudah.

Tiap hari memang tak terlalu spesial, hanya berkutat dengan memo, namun added value aku di IT ternyata tidak dilupakan oleh para bosku (bos PP dan pindiv). Para bosku itu memberikan kepercayaan penuh terhadapku jika ada hal-hal yang menyangkut IT. Bahkan pindiv sempat mengeluarkan disposisi Sdr. Raja segala hal yang menyangkut IT, agar di ikuti. Jujur kepercayaan seperti ini lah yang membuat aku berarti dan berguna untuk pekerjaanku, dengan tiada maksud untuk menyombongkan diri. Banyak hal-hal IT yang bos percayakan, yang paling utama adalah sebagai admin e-learning bank bjb, selain itu pula bos mengikutsertakan aku dalam tim paperless bersama-sama Divisi Teknologi Informasi, sebagai PIC Sharing Folder Diklat dan lain sebagainya.

7 April 2012

Pengumuman  terakhir dari test calon pegawai bank bjb. Alhamdulilah puji syukur namaku tercantum dari 206 yang terdaftar di pengumuman. Kemungkinan 206 orang tersebut adalah calon pegawai yang akan ditempatkan di unit kerja Mikro di cabang – cabang bank bjb. Namun, pada tanggal tersebut Divisi Diklat sedang menyelenggarakan kegiatan rekreasi tahunan ke Jogjakarta. Oleh karena itu, aku tidak bisa ikut kumpul bersama dengan 205 orang lainnya yang menerima SK.

14 April 2012

Di gor bank bjb. Disinilah aku mendapat SK, pengangkatan dan penempatan calon pegawai. Aku masih ditempatkan di Divisi Pendidikan & Pelatihan. Alhamdulilah, puji syukur meski sebetulnya perasaan ini tidak terlalu istimewa.

23 April 2012

Ini adalah hari pertama efektif sebagai calon pegawai bank bjb. Kulepas sudah statusku sebagai outsourcing. Aku pun sudah mengundurkan dari vendor outsourcing per 1 April 2012. Tak ada yang berubah selain status, pekerjaan sama setiap harinya, monoton.

Iklan