Persaingan industri musik tanah air kian melebar. Format band masih mendominasi persaingan pasar musik Indonesia, akan tetapi belakangan ini persaingan pun terjadi di kategori penyanyi solo wanita. Terhitung sejak pertengahan tahun lalu nama-nama yang lebih dulu terjun seperti Rossa, Krisdayanti, Melly Goeslaw, Pinkan Mambo, Nina Tamam, Astrid dan juga Agnes Monica menghiasi persaingan ini. Tak ketinggalan pula nama-nama baru yang mampu menyihir publik tanah air, seperti Nikita Willy dan Indah Dewi Pertiwi. Hal ini memang kontras dengan penyanyi solo pria. Nama Afgan yang masih bisa terbilang eksis hingga detik ini.

      Berbicara pendatang baru, sangatlah tidak mudah untuk mereka langsung diterima publik pecinta tanah air. Berbeda dengan pendatang baru yang satu ini. Indah Dewi Pertiwi. Biasanya seorang pendatang baru tidak berani mengambil langkah satu full album, mereka selalu membuat satu single untuk mendapatkan respons masyarakat. IDP (begitu banyak pecinta memanggilnya) membuat satu album bertitle Hipnotis yang nanti video klipnya akan saya review.
      
     Mengandalkan single Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa, IDP berhasil membuktikan dirinya memang penyanyi solo wanita berkualitas. Klipnya berhasil menjuarai chart beberapa tangga lagu seperti INBOX dan DAHSYAT beberapa bulan lalu. Indah juga mendapatkan nominasi di ajang Indosat Award. Baru-baru ini, ia meraih penghargaan di ajang SCTV Music Awards untuk kategori pendatang baru ngetop. Wajar, karena memang IDP, layak mendapatkan penghargaan itu.

      Kesempatan kali ini khusus, saya akan mereview video klip IDP yang berjudul HIPNOTIS. Mungkin para penikmat sudah pernah menonton video ini, tapi ada yang full versionnya lho, 8 menit. Belum nonton? Check this out

KONSEP
     Patut diacungi jempol buat pembuat konsep video ini. Menampilkan banyak lokasi indah di beberapa daerah di Indonesia. Seperti kebanyakan musisi yang bangga melakukan shoot di luar negeri, beda dengan konsep hipnotis yang menawarkan sejuta pesona indah alam Indonesia, meski tidak terwakili semuanya. Jadi inget video klip Bintang di Surga nya Peterpan. Konsep matang sekali dan banyak orang menyangka itu dilakukan di luar negeri, padahal hanya mengambil lokasi di Blok M Jakarta.
     Selain konsep dengan menampilkan lokasi yang indah, konsep dance yang mulai diarahkan agar image dance itu sendiri melekat dengan IDP memang cukup membawa angin segar dalam dunia video klip Indonesia. Akan tetapi, sungguh sangat disayangkan dance nya tidak terlihat begitu sempurna, mungkin Indah harus lebih banyak lagi belajar. Hm.., mungkin ke Amerika kemarin itu salah satunya ya? Ya udah moga sukses dan dancenya lebih bagus lagi. Konsep ini bukan pertama kalinya di Indonesia, nama-nama seperti Agnes Monica, Shanty, Dewi Sandra bahkan Cinta Laura sudah banyak menggunakan konsep dance dalam video klipnya. Sebetulnya konsep ini akan begitu menarik dan keren jika dance Indah lebih bagus lagi.

PEMILIHAN LOKASI
     Tanjung Aan, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani, Laut Jawa. Saya sudah cukup puas dengan video ini jika melihat dari faktor pemilihan lokasi. Kenapa? Sederhana saja, saya belum pernah ke tempat tempat itu semua, tapi saya sudah bisa menebak tempat itu sungguh indah hanya karena pengolahan dalam video klip hipnotis yang cukup ciamikk. Kawasan-kawasan di Jakarta yang dipilih seperti Thamrin, Sudirman dan Bundaran HI cukup mewakili, karena tempat tersebut cukup dikenal publik di Jakarta.

TEKNOLOGI
     Ini dia yang paling pantas mendapatkan dua jempol tangan dan dua jempol kakiku. hehehhe, Teknologi yang digunakan sangat sangat keren. Animasi 3D dikemas dengan unik. Inilah yang menyebabkan konsep yang kurang matang (seperti yang saya review diatas) menjadikan video klip ini tetap menjadi angin segar dan enak untuk dinikmati. Memang jarang video klip yang menggunakan teknologi seperti ini, kebanyakan video klip Indonesia dijabarkan sesuai isi lagunya dengan tambahan peran-peran model yang kadang sebetulnya menggangu untuk sebuah video klip.
     Untuk mereview sebuah video klip rasanya cukup tiga aspek diatas yakni konsep, lokasi dan teknologi. Karena setiap video klip yang dibuat sudah pasti akan memikirkan hal ketiga diatas. Tapi ada beberapa point yang bisa digaris bawahi dalam review ini :
    1. Design dan Costum yang digunakan Indah Dewi Pertiwi dan para penari latar, cukup interest, jika nilai tertinggi adalah 10, saya berani beri 8 untuk design dan costumnya
    2. Video klip ini seperti hanya sebuah pameran teknologi dan ajang hiburan semata, akan tetapi teks-teks dalam berbahasa Inggris yang diletakkan di awal dan akhir video klip menambah nilai plus dari video ini. Penegasan pesan yang ingin disampaikan cukup dapat diterima Save Our Planet!!!
   3. Indah Dewi Pertiwi cukup tenggelam di bawah penari latarnya. Dance mereka jauh lebih baik, yach banyak belajar lagi aja ya Indah.
    4. Satu hal yang paling menggangu, lirik lagu yang tidak nyambung dengan video klipnya. Ya, kalau dari lagu saya suka lagu-lagu IDP yang pertama terus Jangan Sedih, juga ada yang duet sama Shandy Sandoro dan Teuku Wisnu.Oia, tetep kalau yang paling saya suka AKU TAK BERDAYA. Keren banget lagunya…!!!
 
Overall, video klip ini cukup keren dan layak menjadi video klip terfavorit untuk tahun ini.
nb : Review ini dibuat semata-mata bukan hanya untuk mengikuti lomba blog hipnotis blogging contest akan tetapi demi kemajuan industri musik tanah air, terutama Indah Dewi Pertiwi, karena saya melihat potensi yang cukup besar dalam dirinya di bidang ini. Oia, mudah-mudahan IDP juga masuk nominasi di ajang MRL Music Award 2011 nanti. (penghargaan khusus yang saya buat untuk pelaku industri musik tanah air)
Iklan